Cara gadaikan SK kerja PNS untuk pinjam kredit bank dan daftar bank yang menerima jaminan SK Kerja - Cara Kredit

Rabu, 27 Juni 2018

Cara gadaikan SK kerja PNS untuk pinjam kredit bank dan daftar bank yang menerima jaminan SK Kerja

Bagi kamu yang berkeja menjadi asn atau pns, dan ingin menggadaikan SK kerjamu untuk pembangunan rumah misalnya atau untuk keperluan lainnya, Anda harus mengetahui bukan hanya sertifikat tanah, BPKB kendaraan saja yang bisa dijadikan sebagai jaminan pengajuan kredit multiguna ke bank. Anda juga bisa menjaminkan SK kerja untuk mendapatkan sejumlah pinjaman dari bank. Hal ini hanya berlaku untuk karyawan, dan Anda bisa memanfaatkan fasilitas kredit dari bank untuk pengajuan kredit multiguna dengan SK kerja saja.sudah menjadi rahasia umum banyak asn atau pns yang sering melakukannya, caranya adalah sebagai berikut ini.



Jenis SK yang bisa digunakan sebagai jaminan bukan hanya SK Pegawai Negeri Sipil (PNS) saja, cakupannya telah diperluas untuk untuk karyawan BUMN/BUMD, anggota TNI/Polri dan pegawai perusahaan swasta nasional. Khusus SK karyawan swasta, bank memiliki kategori tersendiri guna menilai perusahaan tersebut, apakah SK kerjanya layak untuk dijadikan jaminan kredit. Penilaian ini disesuaikan dengan kebijakan dan aturan yang berlaku pada masing-masing bank.

Bank memperbolehkan penjaminan SK kerja dalam pengajuan kredit multiguna sebagai suatu bentuk kemudahan yang bertanggungjawab, di mana SK Kerja akan berfungsi sebagai agunan dalam perjanjian kredit tersebut. Peminjam akan lebih bertanggung jawab mengenai pengembalian sejumlah dana yang telah dipinjamnya dari bank, sehingga perjanjian kredit bisa berlangsung dan berakhir dengan baik.

Pemberian kredit dari bank dengan jaminan Surat Keputusan Pegawai Negeri Sipil (SK PNS) atau SK pensiun bisa menjadi alternatif. Perbankan memberikan beberapa syarat untuk nasabah yang mau 'menyekolahkan' SK PNS-nya.

Seorang analis Kredit Bank BNI mengatakan, pinjaman kredit dengan agunan SK PNS tak jauh berbeda dengan permohonan peminjaman kredit pada umumnya, yang membedakan adalah bentuk jaminannya.


PERSYARATAN PINJAM BANK DENGAN JAMINAN SK KERJA ASN/PNS


"Persyaratannya fotokopi KTP suami-istri, kartu keluarga, surat pengangkatan, lalu slip gaji selama 3 bulan. SK dan ijazah terakhir," kata analis yang tak mau disebutkan namanya itu saat berbincang dengan 

Selain itu, syarat lain pemohon juga harus berkewarganegaraan Indonesia dan berusia minimum 21 tahun dan maksimum 55 tahun (usia maksimal termasuk jangka waktu pinjaman).

Dikatakan analis ini, syarat lain adalah institusi tempat PNS tersebut bekerja sudah melakukan MoU dengan Bank BNI. Jika pemohon kredit bekerja di perusahaan swasta, maka perusahaan tersebut juga harus menggunakan Bank BNI sebagai bank yang membayarkan gaji karyawan atau payroll.

"Kita punya pertanggungjawaban dari bendaharanya institusinya. Dia potong otomatis (untuk cicilan), jadi kita nggak ada risiko. Kalau pun resign, wajib dilunasi tanggungannya," paparnya.

Plafon atau pinjaman maksimal yang bisa diberikan bank dengan skema kredit seperti ini adalah Rp 100 juta. "Maksimal Rp 100 juta," katanya.

DAFTAR BANK YANG MENERIMA JAMINAN PINJAMAN SK KERJA ASN/PNS

 Bank BTN

BTN menghadirkan KPR Kredit Griya Utama yang merupakan fasilitas untuk berbagai keperluan pembelian rumah baru, rumah second maupun take over. Persyaratan yang diberikan BTN sangatlah mudah, dan prosesnya pun cepat.

Cukup melampirkan agunan fotokopi SK Pengangkatan Pegawai Tetap, Anda bisa melakukan pinjaman hingga lebih dari Rp 350 juta. Tenor yang diberikan sampai 25 tahun.

Bank BCA

Bank BCA menghadirkan layanan KPR syarat mudah, angsuran ringan, dan bisa lunas lebih awal tanpa kena pinalti. Anda bisa melakukan pinjaman hingga Rp 5 miliar, dan tenor sampai 20 tahun. Syaratnya adalah melampirkan fotokopi SK Pengangkatan Pegawai Tetap.

BCA juga menghadirkan KPA. Layanan ini dapat memberikan Anda tempat tinggal di apartemen yang nyaman plus lokasi strategis. Pinjaman dana hingga Rp 5 miliar, dengan tenor sampai 20 tahun. Syaratnya adalah melampirkan fotokopi SK Pengangkatan Pegawai Tetap.

Selain itu, BCA juga menghadirkan KPR Xtra. Keunggulannya adalah top up pinjaman dan suku bunga fix yang kompetitif. Cukup memberikan agunan berupa fotokopi SK Pengangkatan Pegawai Tetap, Anda bisa melakukan pinjaman dana hingga Rp 5 miliar, dengan tenor sampai 20 tahun.

Bank BRI

Bank BRI mempersembahkan layanan KPR proses cepat, biaya kredit ringan, dan DP mulai dari 10 persen. Anda dapat melakukan pinjaman hingga Rp 5 miliar, dengan tenor sampai 20 tahun. Syaratnya? Lampirkan saja SK Pengangkatan Pegawai.

CIMB Niaga

CIMB Niaga menghadirkan KPR Xtra Solusi. Produk ini memberikan solusi yang tepat bagi nasabah karena memberikan bunga terendah. Cukup melampirkan surat asli SK Pengangkatan Pegawai, Anda bisa melakukan pinjaman hingga Rp 100 juta, dengan tenor sampai 20 tahun.

Layanan Kredit Multiguna


Butuh dana cepat untuk berbagai keperluan seperti renovasi rumah, pengobatan keluarga atau modal usaha? Ajukan saja ke layanan kredit multiguna. Berikut adalah daftar bank yang memberikan syarat SK.

Bank BTN

Bank BTN menghadirkan produk Kredit Ringan Batara Non Payroll. Untuk mendapatkan pinjaman hingga Rp 150 juta, ajukan saja fotokopi SK Pengangkatan Pegawai Tetap. Tenor sampai 5 tahun, plus cicilan ringan.

Selain itu, Bank BTN juga menghadirkan PUMP-KB Jamsostek, yang merupakan fasilitas Pinjaman Uang Muka Perumahan untuk seluruh peserta Jamsostek. Pinjaman hingga Rp 50 juta, dengan tenor sampai 15 tahun. Syaratnya adalah melampirkan fotokopi SK Pengangkatan Pegawai Tetap.

Bank ini juga menghadirkan BTN Kredit Ringan Pensiun. Cukup melampirkan fotokopi SK Pengangkatan Pegawai Tetap, Anda bisa mengajukan pinjaman hingga Rp 100 juta, tenor sampai 5 tahun.

Bank DKI

Bank DKI memberikan layanan produk Kredit Multiguna khusus bagi Anda pegawai Pemerintah Pusat, Pemprov DKI Jakarta, dan pegawai swasta. Plafon yang ditawarkan Rp 300 juta, tenor hingga 5 tahun. Syaratnya? Lampirkan fotokopi SK Pengangkatan Pegawai Tetap.

Bank Mestika

Bank Mestika menghadirkan Kredit Multiguna yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan konsumtif ataupun modal kerja. Pinjaman sampai Rp 5 miliar, dengan tenor maksimal 15 tahun. Bagi Anda calon debitur badan hukum, dapat melampirkan SK Menteri Kehakiman.

Bank Index

Bank Index memberikan fasilitas Kredit Multiguna untuk pembiayaan kredit modal kerja ataupun investasi. Pembiayaan mencapai Rp 3 miliar, dengan tenor sampai 10 tahun. Bagi Anda debitur badan hukum dapat melampirkan fotokopi SK Menteri Kehakiman.

Bank Mutiara

Bank Mutiara menghadirkan KKS-STA. Layanan ini dikhususkan untuk nasabah Bank Mutiara yang telah memasuki masa pensiun, baik pensiunan PNS, pegawai BUMN/BUMD atau anggota TNI/Polri.

Syaratnya adalah melampirkan SK Pensiunan asli, lalu Anda bisa mengajukan pinjaman mencapai Rp 200 juta, dengan tenor sampai 5 tahun.

Demikian lah artikel  Cara gadaikan SK kerja PNS untuk pinjam kredit bank dan daftar bank yang menerima jaminan SK Kerja semoga bermanfaat, namun ada baiknya anda berpikir yang banyak, agar tidak terjbak hutang bank, dan gaji anda di potong setiap bulannya pun harus dipikirkan kembali.

Disarikan dari :
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-2679153/mau-menyekolahkan-sk-pns-anda-ini-syarat-dari-bank
https://www.cermati.com/artikel/cari-pinjaman-dengan-jaminan-sk-kerja-ini-daftar-produknya
https://kreditgogo.com/artikel/Kredit-Multiguna/8-Bank-yang-Berikan-Pinjaman-Dana-dengan-Agunan-SK.html

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda