Apa Manfaatnya KUR (Kredit Usaha Rakyat) Bagi usaha Kecil Dan Menengah - Cara Kredit

Jumat, 06 September 2019

Apa Manfaatnya KUR (Kredit Usaha Rakyat) Bagi usaha Kecil Dan Menengah




Pengertian Kredit Usaha Rakyat (KUR). Program ini diperuntukkan untuk membantu pembiayaan yang dibutuhkan oleh UKM untuk mengembangkan kegiatan usahanya. Sedangkan Manfaat KUR bagi Pemerintah adalah  tercapainya percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UKM dalam rangka penanggulangan / pengentasan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja serta pertumbuhan ekonomi. Program KUR diperuntukan untuk masyarakat yang ingin berwirausaha dari usaha kecil dan menengah.

Pengertiaan Dan Fungsi Usaha Kecil Menengah (UKM)

Pengertian Bisnis UKM  adalah sebuah usaha yang dijalankan oleh industri kecil atau bisa kita sebut juga usaha rumahan ya gan...dan untuk menjalannya tidak memakai modal yang besar.
Dan jangan dianggap sebelah mata usaha ini karena untuk penghasilan tiap bulannya saja bisa mencapai jutaan rupiah lo....itu pendapatan bersihnya.
Jadi pendapatan kotor tidak terlalu terkuras oleh pengeluaran karena biaya opersional yang murah , usaha ini dimiliki secara perorangan ,berdasarkan kuantitas jumlah pekerjanya 5 - 9 orang, sedangkan untuk usaha menengah diantaranya 20 an orang lebih .

Pengertian usaha kecil dan menengah menurut Wikipedia adalah

Sebuah istilah yang mengacu jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Dan usaha yang berdiri sendiri. Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.”

Sedangkan fungsi dari usaha kecil menengah adalah  :
  • Sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru / mengurangi pengangguran
Sebagai negara yang sedang berkembang dengan jumlah penduduknya yang besar , negara kita menghadapi masalah tenagakerjaan yang serius.
Sekarang ini kita tau banyak sekali pengangguran meningkat karena banyaknya lulusan setiap akhir tahunnya baik ditingkat perguruan tinggi ataupun tingkat menengah,belum lagi dikarenakan pihak perusahaan mengurangi jumlah tenaga kerja untuk meminimalisir biaya operasional perusahaan dan
adanya banyak PHK yang meningkat akibat buruknya perekonomian negara .
susahnya mencari pekerjaan dikarenakan persaingan yang tinggi antar pencari lowongan kerja .
Disini kita dituntut bahwa untuk mendapatkan uang tidak harus menjadi pegawai, masih banyak alternatifnya diantaranya membuka usaha kecil dan menengah, dengan pemakaian modal yang kecil,dapat membangun bisnis tersebut, dan mau tidak mau kita duntut kreatif mencari usaha apa yang akan dirintisnya, yang terpenting dimana ada kemauan ,disitu ada jalannya ^_^.

  • Meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitarnya
Usaha kecil menengah adalah usaha yang sangat berpontensial dalam menghasilkan pundi - pundi pandapatan ,dan jangan menganggap sepele usaha tersebut .
Dengan adanya usaha kecil menengah , perekrutan karyawan biasa dilakukan disekitar tempat usahanya, maka akan meningkatkan taraf ekonomi mereka ,ini berdampak meningkatkan daya beli masyarakat, menumbuhkan perkembangan perekononian daerah dan pemerataan pendapatan masyarakat, menjadikan nilai tambah suatu daerah .
  • Menyumbangkan pajak daerah
UKM berperan besar pada pendapatan daerah ataupun propinsi ini berperan penting dalam pertumbuhan pembangunan bangsa, dengan kenaikan pendapatan  pajak  dari sektor UKM maka banyak fasilitas - fasilitas yang dibangun pemerintah yang bertujuan memudahkan masyarakatnya dalam melakukan aktifitas ekonomi guna untuk pemerataan pembangunan .
  • Solusi efektif bagi masyarakat ekonomi kecil dan menengah
Perekonomian akan tumbuh dan berkembang dikarenakan adanya suatu proses produktifitas, seorang wirausaha merupakan pelaku ekonomi yang menjadikan suatu barang yang bernilai ekonomis,ini akan menambah solusi pemecahan masalah perekonomian yang sedang dihadapi masyarakat kita sekarang ini.baik itu untuk mengurangi pengangguran serta untuk meningkatkan nilai produk domestik bruto akan menambah pendapatan yang berakibat meningkatkan kesejahteraan ekonomi.
  • Dapat meningkatkan laju perekonomian
Perkembangan dan persaingan dunia bisnis di era globalisasi saat ini semakin tinggi mengakibatkan persaingan antara perusahaan besar,dan sewaktu krisis ekonomi banyak perusahaan besar gulung tikar , dan usaha kecil menengah yang bertahan di tengah badai krisis ekonomi,
UKM bisa meningkatnya produk domestik bruto, karena memberi kontribusi yang besar bagi total PDB ( Produk Domestik Bruto ) di Indonesia .
Jumlah usaha kecil  dan menengah akan bertambah dari tahun ke tahunnya,karena di jaman era informasi ini, sudah banyak masyarakat yang mempelajari dan terjun langsung kedunia usaha atau bisnis kecil dan menengah ini , maka kontribusi usaha ini akan bertambah besar untuk memajukan perekonomian di Indonesia dan UKM ini dapat bertahan lama pertumbuhannya karena pelaku usaha ini atau bisa juga dikatakan pengusaha kecil dan menengah ini mendapatkan sebagian besar modalnya dari bank maka ini dapat meningkatkan lagu perekonomian di negara kita.
Itulah fungsi dari UKM ( Usaha Kecil Menengah ) yang saya bisa jabarkan kepada agan dan aganwati ^_^ .
OK kita beralih ke sub pembahasan saya berikutnya.

Apa itu KUR  (Kredit Usaha Rakyat) Dan Cara Mendapatkannya


UKM ini dalam proses produksinya untuk meningkatkan jumlah produksi perlu tambahan modal dan ini diperlukan bantuan pihak ketiga yaitu bank yang mengadakan KUR .
Apa itu KUR (Kredit Usaha Rakyat ) :  adalah pembiayaan atau kredit untuk usaha mikro kecil  menengah  dan koperasi untuk modal kerja ,persyaratan dari KUR sesuai dengan ketetapan perbankan sesuai dengan prosedur bank yang akan dipilihnya .
Sekarang ini pemerintah membantu warganya yang ingin berwiraswsta menjadi pengusaha kecil menengah bahkan koperasi .
KUR merupakan program pemerintah dan dananya sepenuhnya berasal dari dana bank.
Program ini untuk membantu pemerintah mengurangi kemiskinan dan pengangguran  , kredit ini diperuntukan untuk usaha mikro kecil,menengah dan koperasi .
Dan dengan adanya program ini  lebih memudahkan lagi bagi masyarakat yang ingin membuka usahanya tetapi kebentur dengan modal bisa ko agan dan aganwati mengajukan KUR dan  bukan hanya untuk pengusaha yang ingin menambah modalnya saja  ^_^ .
KUR mengangkat UKM menjadi lebih baik , pada pertama peluncurannya program tersebut sangat diminati terbukti banyak pengusaha yang menggunakan pembiayaan ini, namun belakangan tidak menjadi efektif karena dibebani dengan berbagai persyaratan yang memberatkan dan suku bungapun tidak menarik karena masih tinggi bagi mereka .
Untuk sekarang ini pemerintah memperbaharui suku bunga pertahunnya  ini menarik para kreditor .
Dalam memilih jenis pembiayaannya tergantung keinginannya ,suku bunga untuk KUR sekarang ini  9% pertahunnya jangka waktunya 3-5 tahun .
yang sebelum tahun 2016 suku bunganya 12% pertahunnya , kebijakan ini untuk mendorong perkembangan di sektor usaha kecil dan menengah, menurut saya bunganya kecil dan tidak memberatkan .
Sosialisali KUR oleh pihak bank kurang optimal karena belum menyeluruh pengusaha kecil yang menggunakannya ,ini bisa dilihat bila kita ke pasar banyak pedagang yang masih meminjam uang untuk tambahan modalnya pada individu dengan bunga yang tidak kompetitif alias bunga yang tinggi, mereka juga masih beranggapan dengan pinjam ke bank benyak persyaratan yang memberatkan padahal kalau menurut saya KUR saat ini berbeda dengan yang terdahulu ,suku bunga 9% pertahunnya dan persyaratanpun tidak memberatkan .


 KUR dibagi 2 yaitu :

  •  Tanpa agunan 

KUR tanpa agunan tentunya banyak diminati bagi wirausaha sekarang ini disamping persyaratannya mudah dan menurut saya tidak berbeli - belit dan ini membantu banget bagi pengusaha kecil menengah yang tidak mempunyai rumah atau tempat tinggal hak milik yang bisa dijadikan untuk diagunkan .jaminan ini bisa juga dilihat dari kelayakan usaha ^_^

Cara untuk mendapatkan KUR tanpa agunan ini biasanya dengan jumlah plafon minimal 25 juta sampai 100 juta rupiah dan syarat yang lainnya dan calon kreditur pada saat mengajukan pinjaman tidak sedang  menerima program kredit yang lainnya  ataupun bukan kreditor macet. dan berusia 21 tahun keatas
Selanjutnya adalah melengkapi dokumen diantaranya :
  1. Identitas peminjam yaitu KTP  kartu Keluarga (KK) dan SIM
  2. Surat ijin Usaha
  3. Mengajukan permohonan KUR
  4. Melampirkan catatan pembukuan atau laporan keuangan
  • Dengan Agunan 
Cara untuk mendapatkan KUR dengan agunan sama seperti persyaratan diatas hanya saja yang membedakan adalah menambahkan lampiran foto copy agunan contohnya adalah sertifikat tanah ataupun rumah .

Selanjutnya setelah pengajuan kredit, mekanismenya bank akan mengevaluasi dan menganalisa kelayakan usahanya, apabila usaha kreditor itu layak maka bank akan menyetujui permohonan KUR tadi dan keputusan layak atau tidaknya pemberian pinjaman adalah wewenang pihak bank , untuk lebih jelasnya bisa langsung datang ke bank yang ditunjuk oleh pemerintah ya ^_^ .
Adapun bank - bank pemerintah yang melayani pembiayaan ini (KUR) diantaranya yang saya ketahui adalah :

  1. Bank BRI
  2. Bank Mandiri
  3. Bank BNI
  4. Bank BTN
  5. Bank Pembangunan Daerah

Manfaat KUR ( Kredit Usaha Rakyat) bagi usaha kecil Menengah

KUR sendiri diperuntukan bagi usaha kecil menengah untuk membantu pembiayaan yang dibutuhkan bagi usaha tersebut .
Dan manfaat Kredit Usaha Rakyat menurut saya adalah:
  • membantu pengembangan di bidang perluasan usahanya.
Dengan mengajukan KUR ini para pengusaha dapat membantu memperluas usaha karena untuk meningkatkan jumlah produktivitas barang atau jasa yang dihasilkan.
KUR meningkatkan kemampuan untuk memanfaatkan bahan baku lokal yang akan menghasilkan barang dan jasa serta bisa dijangkau oleh masyarakat luas, dalam sisi lain UKM biasanya memiliki kendala permodalan ,ini bisa terpecahkan dengan adanya pembiayaan KUR . dengan tambahan modal dapat memperluas usahanya disini maksudnya menambah jumlah pemasaran dengan meningkatkan jumlah produksi barang dan jasa . 
  • Meningkatkan taraf hidup para wirausahawan atau pengusaha UKM.
Jumlah produktivitas yang meningkat tentunya akan menghasilkan laba keuntungan yang besar pula,
yang berimbas pada meningkatnya keuntungan bagi pengusaha tentunya akan menaikan teraf hidup pengusahanya dan ini bisa menambah cabang usahanya dalam rangka ekspansi bisnisnya.
  • Membantu pengusaha kecil menengah untuk fokus pada kinerja produktivitas .
Dengan mengambil pembiayaan KUR berarti ada tambahan modal yang diperlukan guna menambah proses produksi ,para usahawan tidak terlalu dipusingkan dengan modal ,hanya fokus bagaimana meningkatkan penjualan barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan .
Sebelum adanya KUR ,mereka para pemilik usaha atau bisnis kebingungan mencari tambahan modal dikarenakan bunga yang besar, yang justru mempersulit nantinya,karena keuntungan habis untuk membayar cicilan kredit dan bunganya dengan KUR fleksibilitasnya serta kemudahannya dapat dirasakan oleh usahawan kecil dengan bunga  9% pertahunnya , dirasa tidak memberatkan bagi mereka, sehingga dengan bunga yang kecil menjadikan produktivitas tidak terpengaruh karena pembayaran pembiayaan yang tidak membebani .
  • Memberi kesenimbangunan pada  proses produksi usaha kecil dan menengah
Perkembangan perekonomian pada dasarnya kegiatan sektor usaha dari berbagai kalangan masyarakat, dengan kebijaksanaan  dari pemerintah untuk membantu perekonomian masyarakat dengan dibangunnya sektor UKM ,memberikan stimulus untuk permodalannya untuk menunjang kegiatan usaha.
Hampir semua pengusaha kecil menengah setelah mendapatkan KUR, kegiatannya dalam usaha meningkat ini akan berakibat kesinambungan dalam usaha untuk peningkatan sistem produktivitas yang bisa menghasilkan pondasi yang kokoh dalam mengarungi proses usaha sektor kecil dan menengah.
  • Pengentasan kemiskinan serta meningkatkan taraf hidup kesejahteraan bagi karyawan dan masyarakat sekitarnya
Dengan adanya KUR, menjadikan daya beli masyarakat meningkat dan ini menandakan  pertumbuhan ekonomi semakin membaik,jika suatu daerah yang jumlah UKMnya minim dapat pula berkembang menjadi lebih banyak jumlahnya dikarenakan mereka mengambil KUR ,dari yang tadinya tidak punya usaha ,dengan dikucurkan modal dari pemerintah berupa KUR ,maka usaha barupun bermunculan di setiap daerah ..
Pertumbuhan ekonomi dipicu dengan banyaknya UKM ,dan ini membantu perekonomian masyarakat sekitarnya contohnya dengan dibangun usaha rottan berupa furniture maka tenaga kerjanya didapat dari masyarakat sekitar tempat usaha tersebut ,ini akan meningkatkan daya hidup masyarakat meningkat terutama untuk karyawannya, untuk masyarakat sekitarnya bisa kita ambil contoh dalam penggarapan proses pengamplasan pada proses tersebut biasanya akan mengambil karyawan tukang amplas disekitar tempat usahanya .

ok sobat  kita pada kesimpulannya sebagai berikut ;
UKM adalah primadona bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia
KUR adalah Kredit Usaha Rakyat yang diperuntukan untuk sektor UKM ( Usaha Kecil Menengah).
Ini adalah program pemerintah yang sebaiknya diikuti para usahawan dengan prosedur yang fleksible disesuaikan dengan krediturnya,serta banyak manfaat KUR bagi pengusaha, karyawan dan masyarakat sekitarnya yang telah saya paparkan diatas .

sekian dulu artikel saya dengan judul Apa  Dan Manfaat KUR (Kredit Usaha Rakyat) bagi usaha kecil menengah.
Semoga artikel saya bermanfaat bagi sobat sekalian,mohon maaf bila ada kata - kata di dalam tulisan saya ini, dan mohon sudilah untuk memberi komentarnya, sebelumnya saya mengucapakan
terima kasih

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda