Apa itu debit dan kredit ? - Cara Kredit

Rabu, 25 Maret 2020

Apa itu debit dan kredit ?



Debit dan kredit menurut wikipedia adalah sebutan formal dalam pembukuan dan akuntansi. "Debit" dan "kredit" memiliki dua kegunaan. Kegunaan pertama mereka adalah sebagai jenis perubahan. Contohnya adalah ketika seorang pembuku mencatat debit $500 ke dalam suatu akun. Kata "debit" adalah jenis perubahan, sementara $500 adalah ukuran perubahan. Kegunaan keduanya ialah sebagai indikator saldo. Contohnya adalah ketika seorang pembuku berkata bahwa akun tersebut saat ini memiliki saldo kredit $2500. Kata "kredit" menandakan bahwa akun tersebut memiliki saldo kredit (lain dengan saldo debit).

Kebanyakan orang akrab dengan istilah debit dan kredit di luar konteks akuntansi. Misalnya, jika seseorang memiliki kartu debit dan kartu kredit, bank dapat mengeluarkan uang langsung dari rekening giro (kartu debit) atau dari jalur kredit dengan bank (kartu kredit).

Dalam akuntansi, debit dianggap sebagai uang yang ditarik dari rekening bank dan kredit dianggap sebagai uang yang tersedia untuk dibelanjakan atau dipinjam dari bank. Beginilah cara debet dan kredit ditampilkan pada laporan rekening bank.

Namun, dalam dunia pembukuan entri ganda, definisi dan peran debit dan kredit sangat berbeda. Karena Anda perlu memahami perbedaan antara keduanya, Anda dapat menggunakannya untuk melacak transaksi bisnis untuk berbagai jenis akun yang digunakan.

Ini dilakukan agar jurnal-jurnal dalam buku besar akun valid. Dalam hal ini, total debit harus sama dengan total kredit. Artinya, entri jumlah di sebelah kiri harus sama dengan entri jumlah di sebelah kanan. Anda mungkin perlu mendebit atau mengkredit beberapa akun agar kedua sisi jurnal sama.

Pengertian Kredit Menurut Para Ahli :


Menurut Thomas Suyatno


Kredit adalah penyediaan uang yang biasanya disamakan dengan tagihannya sesuai dengan perjanjian antara pinjaman dan pinjaman.

Menurut Henry Dunning


Kredit adalah ketika seseorang memberikan layanan untuk perjanjian untuk melakukan pembayaran.

Menurut Mecleod Rivai dan Veithzal 


Kredit adalah penyerahan uang, jasa atau barang dari satu pihak ke pihak lain berdasarkan kepercayaan dengan perjanjian untuk membayar pada saat yang disepakati bersama.

Definisi Debit 


Kata debit dalam bahasa Latin berarti "Debere" dan berarti "berhutang." Ini adalah entri di sebelah kiri akun buku besar. Ini adalah entri akuntansi yang diposting ketika ada penambahan aset, biaya, dan pendapatan, laba, kewajiban, dan kerugian atau penurunan ekuitas pemilik.

Jika akun mendebit lebih dari kredit, itu dianggap sebagai saldo debit. Untuk individu non-finansial, debit mengacu pada jumlah yang ditarik atau dikurangkan dari rekening bank tertentu.

Perbedaan Debit dan Kredit

Setelah memahami arti debit dan kredit, kita akan lebih mudah memahami perbedaannya. Beberapa perbedaan kredit dan debit:
  1. Debit adalah pencatatan uang nominal, sedangkan kredit adalah pencatatan uang nominal.
  2. Transaksi utang dapat diartikan sebagai kegiatan menabung di bank, sedangkan kredit adalah kegiatan yang dikeluarkan dalam uang bank atau dapat juga dikeluarkan dari uang di Bank.
  3. Debit adalah rekaman setoran (pencatatan pembukuan tentang pengurangan deposito)

Dengan demikian, diskusi tentang makna debit dan kredit, bersama dengan contoh, manfaat, dan bahkan perbedaan. Saya harap Anda merasa terbantu. Terima kasih banyak

Sumber referensi :

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda