Apa itu digital marketing ? - Cara Kredit

Jumat, 13 Maret 2020

Apa itu digital marketing ?



Pada era saat ini hampir semua aspek kehidupan sosial bisa di masukan ke dalam dunia digital, misalnya perdagangan, sekarang sudah banyak sekali toko online ataupun pasar online (marketplace) seperti tokopedia maupun bukalapak. itu semua termasuk kedalam digital marketing. 

Definisi digital marketing ?


menurut wikipedia : Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet. Dengan adanya ketergantungan pemasaran tanpa internet membuat bidang pemasaran digital menggabungkan elemen utama lainnya seperti ponsel, SMS (pesan teks dikirim melalui ponsel), menampilkan iklan spanduk, dan digital luar. Pemasaran digital turut menggabungkan faktor psikologis, humanis, antropologi, dan teknologi yang akan menjadi media baru dengan kapasitas besar, interaktif, dan multimedia. Hasil dari era baru berupa interaksi antara produsen, perantara pasar, dan konsumen. Pemasaran melalui digital sedang diperluas untuk mendukung pelayanan perusahaan dan keterlibatan dari konsumen.

dengan hadirnya konsep digital marketing cost atau ongkos pemasaran biasanya akan lebih murah dibanding melakukan secara konvensional. informasi yang ingin disampaikan pun lebih cepat diperoleh calon konsumen kita.

Lalu seberapa penting sih digital marketing di era sekarang ini?



Bisa dikatakan digital marketing di era sekarang ini sangatlah penting karena generasi-generasi baru di era sekarang hampir semua baik dari golongan menengah keatas atau menengah kebawah semua sudah memilihi gadget bisa berupa ponsel pintar tablet atau sejenisnya sehingga hampir-hampir semua kegiatan mereka tidak lepas dari nya, jika sampai kita tidak menggunakan cara pemasaran digital tentu bisa saja produk kita akan tertinggal dengan produk lain sejenis.


Bagaimana caranya agar berhasil melakukan pemasaran digital?


Ada para pelaku digital marketing harus melihat beberapa aspek penting jika ingin produk anda sukses di lapangan yaitu :

1. Harus memperhatikan istilah pada AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action).
Dalam aktivitas pemasaran digital terdapat istilah AIDA, khususnya dalam proses memperkenalkan produk atau jasa ke pasar (konsumen).[
  • Awareness (Kesadaran) Dalam ranah digital, pemasar membangun kesadaran konsumen dengan memasang iklan terlebih dahulu di media online, 
  • Interest (Ketertarikan) Ketertarikan muncul setelah membangun kesadaran pada konsumen. Sistem offline, konsumen langsung mencari informasi di pasar. Sistem online, konsumen mencari tahu tentang produk melalui mesin pencari (Google, Yahoo! dll) dan jejaring sosial (Facebook, Twitter dll).
  • Desire (Keinginan) Timbul keyakinan pada konsumen sehingga berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa. Sistem online ditandai dengan mencari keterangan lengkap tentang produk atau jasa melalui situs web.
  • Action (Tindakan) Tahap terakhir sebagai penentuan dari pihak konsumen terhadap produk atau jasa.

2. Pasar adalah tempat komunikasi dua arah. Untuk memperoleh komunikasi tersebut merek harus melakukan positioning terlebih dahulu, dapat melalui berbagai media (Forum, blog, dan lain-lain) dan yang paling efektif ialah melalui jejaring sosial.

demikian lah ulasan berkaitan dengan digital marketing, jiika ada suka ulasan diatas bisa dishare di media sosial kalian. trimakasih semoga bermanfaat

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda