Cara agar Cicilan KPR Lebih Ringan dan Cepat Lunas - Cara Kredit

Rabu, 25 Maret 2020

Cara agar Cicilan KPR Lebih Ringan dan Cepat Lunas



Memproses kredit kepemilikan rumah (KPR) dapat membuat pembayaran lebih ringan atau lebih cepat secara keseluruhan. Salah satunya menggunakan dana segar tambahan seperti bonus. bonus ini dapat digunakan untuk mempercepat pembayaran beberapa hipotek, mengurangi hutang pokok.

Ini adalah cara standar untuk mengurangi pokok untuk mempengaruhi porsi bunga yang perlu dibayar setiap bulan. Beban angsuran hipotek dapat diatasi dengan mengurangi pokok yang tersisa.

Selain itu, lanjutnya, setiap tahun pekerja menaikkan gaji. Anda juga dapat menetapkan untuk menambah angsuran.

"Setiap beberapa tahun, kami dapat meminta bank untuk meningkatkan angsuran mereka, dan kami mungkin dapat mengurangi jangka waktu bukannya setiap tahun, misalnya, setiap tiga atau lima tahun.

Strategi lain adalah menawarkan tingkat hipotek yang lebih rendah atau pindah ke bank lain, yang biasa disebut pengambilalihan. Saat mengambil alih, Anda dapat menghitung ulang konfigurasi angsuran sesuai dengan kemampuannya untuk memitigasi lebih lanjut untuk mempercepat pembayaran hipotek. Namun demikian, apa yang harus Anda pertimbangkan ketika mengambil alih adalah biaya tambahan atau penalti, misalnya 1% dari sisa pokok.

Menurutnya, kombinasi metode pertama dan metode kedua dapat dilakukan. Ini berarti Anda dapat mentransfer angsuran ke bank lain dan kemudian meningkatkan alokasi dana angsuran. Dengan demikian, Anda mendapatkan manfaat ganda, periode kredit lebih cepat, dan lebih banyak beban bunga.

"Kami mengizinkan kombinasi itu, tetapi kami masih perlu memperhitungkannya. Kami takut bahwa kami harus membayar lebih dan bahkan kehilangan keuntungan kami," jelasnya.

Untuk menyimpulkan, keputusan untuk membayar kembali hipotek sebelumnya harus memperhitungkan kekuatan dan kelemahannya. Jangan hanya mengejar lunas, pertimbangkan semuanya dengan cermat dan seksama. Seperti yang Anda tahu waktu yang tepat untuk melunasi hipotek Anda.

Dia menambahkan, "Lebih baik lagi jika nilai persentase ditarik. Misalnya, kita perlu mentransfer nilai uang 10 tahun kemudian ke bank. Itu akan lebih baik," tambahnya.

Kepala Bisnis Wealth Management & Retail Digital Ivan Jaya, yang setara dengan tiga uang, mengatakan bahwa jika dia ingin mempercepat pembayaran hipotek ini, pelanggan dapat mengumpulkan dana dari pendapatan yang tidak akan mengganggu aliran kas bulanan. Saya menambahkan. Misalnya, sekitar 20% hingga 30% dari tunjangan liburan (THR) atau bonus.

Dia mengatakan percepatan pembayaran hipotek adalah pilihan lengkap pelanggan, yang harus disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi keuangan pelanggan. Namun, beberapa bank dapat menerapkan hukuman jika pelanggan mempercepat pembayaran angsuran hipotek. Dia memiliki ketentuan yang baik untuk mempercepat pembayaran hipotek sebesar 1%, berlanjut di beberapa bank.

"Tapi. Beberapa bank menawarkan kebebasan untuk mempersingkat periode kredit dan memiliki kebebasan untuk melakukan cicilan bulanan tanpa denda," kata Ivan.

Di bawah ini adalah diagram tentang bagaimana menggunakan dana segar untuk mengurangi jumlah hipotek.

Pelanggan dengan kontrak kredit KPR, mulai Januari 2015 dan bernilai 10 miliar rupiah selama periode kredit 10 tahun. Cicilan bulanan sekitar Rp13,5 juta.

Utang pokok yang tersisa pada Januari 2018 (atau kredit yang berlaku untuk tiga tahun) adalah Rp.800 juta. Pelanggan memiliki lebih banyak dana dan melakukan pembayaran awal yang dipercepat sebagian dengan jumlah Rp200 juta (sisa pokok dibayarkan hingga Rp600 juta).

Untuk pembayaran di luar jadwal pembayaran hipotek (pembayaran sebagian), terutama untuk sisa hutang pokok yang dapat dipilih oleh pelanggan:

  1. Memperpendek sisa periode kredit dengan IDR13, 5 juta per bulan, atau
  2. Periode kredit yang tersisa tetap tujuh tahun, dengan angsuran bulanan yang lebih sedikit.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda