Cara ajukan Pinjaman KUR untuk usaha dagang kelontong - Cara Kredit

Jumat, 13 Maret 2020

Cara ajukan Pinjaman KUR untuk usaha dagang kelontong

Usaha warungan atau kelontong sejah dahulu adalah usaha yang tetap menguntungkan sampai saat ini, ya karena biasanya usaha kelontong itu ya usaha yang dibutuhkan tetangga sekitar karena kelontong memenuhi kebutuhan sembako.



Kur atau kredit usaha rakyat adalah pinjaman untuk anda yang ingin berusaha atau megembangkan usaha anda, berdagang sembako atau kelontong tentunya masuk dalam kriteria nya. untuk mengajukan usaha dagang kelontong paling tidak anda sudah memiliki tempat usaha agar nanti ketika di survey oleh pihak bank anda sudah siap.

sebelum mengajukan pinjaman ada baiknya anda memperhatikan persyaratan beberapa dokumen atau berkas yang diperlukan yakni : 

Persyaratan Umum mengajukan KUR :

  1. Warga Indonesia (WNI)
  2. Usaha telah berjalan minimal 6 bulan

Persyaratan yang harus dipenuhi (sesuai checklist)


Jenis Dokumen
Perorangan
Badan Usaha

Fotokopi KTP el (E-KTP) dan Kartu Keluarga
v
v
Fotokopi surat nikah (bagi yang sudah menikah)
v

Surat ijin usaha (SIUP, TDP, SITU, HO) atau keterangan usaha dari kelurahan / kecamatan
v
v
Fotokopi dokumen jaminan untuk kredit di atas Rp 50 juta*
v
v
Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk kredit diatas Rp 50 juta
v
v




(*) Bukti kepemilikan tanah, IMB dan PBB, BPKB

untuk pinjaman diatas Rp50 juta biasanya diperlukan jaminan, tapi menurut pengalaman saya dibawah Rp 50 juta pun tetap memerlukan jaminan, sertifikat tanah misalnya. walau memang kadang ada tulisan atau iklan tanpa anggunan tapi kenyataannya anggunan tetap menjadi satu kepercayaan dalam hal pinjam meminjam untuk jaminan tentunya.

setelah melengkapi dokumen diatas langsung saja ke kantor Bank yang menyediakan layanan pinjaman KUR yakni ada bank BNI, BRI dan sebagainya kalau admin sendiri pernah di bank BRI dan BNI. bank mandiri pun bisa, masuk kekantor bank langsung tanya satpam atau petugas bank bahwa anda ingin mengajukan KUR kemudian serahkan dokumen atau berkas anda ke petugas bank, dan ikuti intruksi selanjutnya dari mereka.

Untuk bunga kur tahun 2020 ini bunga kur pertahun adalah 6%, sangat kecil karena memang KUR diperuntukan untuk rakyat kesejahteraan rakyat dan bungan yang dihasilakn tentu disalurkan kembali ke peminjam lainnya karena ini program pemerintah tentu tidak berorientasi mencari untung, tapi untuk kesejahteraan rakyat.

Demikian semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda